Bagi perusahaan penting untuk
memandang teknologi sebagai perangkat strategik yang sangat penting dan
merupakan suatu kebutuhan kompetitif, bukan hanya sebagai perangkat yang
terlalu mahal atau kompleks. Teknologi menciptakan peluang untuk membangun
keunggulan kompetitif mulai dari pengembangan produk hingga akses terhadap
pasar global. Dalam setiap bisnis orang selalu berusaha unggul melalui
teknologi.
Kontribusi teknologi bagi
penciptaan teknologi baru antara lain :
- Mempercepat
pengembangan produk. Contoh nyata adalah penggunaan komputer untuk
proyek pengembangan pesawat Boeing 777 yang menghemat waktu 1 tahun
dengan menggunakan 10.000 PC.
- Memperkuat
ikatan dengan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan salah satu
toko buku Online, Amazon.com yang
menciptakan sense of community dengan melibatkan
wawancara dengan penulis, dan reviewer secara live dan
memberitahu konsumen tentang buku-buku terbaru.
- Mendorong arah
strategik baru. Sebagai contoh adalah Microsoft dengan slogan “rangkul
dan perluas”, telah mengakuisisi lebih 50 perusahaan yang yang
berhubungan dengan internet dan meluncurkan situs-situs web seperti
Expedia.
- Menaikkan
efisiensi pekerja. Teknologi bergerak seperti pager, telepon seluler dan
komputer laptop bermodem memungkinkan karyawan dapat berhubungan dengan
kantor selama mereka bepergian.
- Menyetarakan
arena permainan perusahaan bagi perusahaan kecil. Misalnya sistem
pemrosesan pesanan yang dipersingkat telah menaikkan penjualan,
menghemat biaya telpon dan menciptakan pertumbuhan tanpa perlu menambah
karyawan.
- Memperbaiki
akses ke pasar global, dapat dilakukan dengan menggunakan situs web
untuk menawarkan layanan 24 jam pada pasar global dan memperluas basis
konsumen sampai ke pelosok daerah.
|
|
0 komentar:
Posting Komentar