Selasa, 04 Desember 2012

MENCIPTAKAN Keunggulan Kompetitif


     Bagi perusahaan penting untuk memandang teknologi sebagai perangkat strategik yang sangat penting dan merupakan suatu kebutuhan kompetitif, bukan hanya sebagai perangkat yang terlalu mahal atau kompleks. Teknologi menciptakan peluang untuk membangun keunggulan kompetitif mulai dari pengembangan produk hingga akses terhadap pasar global. Dalam setiap bisnis orang selalu berusaha unggul melalui teknologi.

     Kontribusi teknologi bagi penciptaan teknologi baru antara lain :
  • Mempercepat pengembangan produk. Contoh nyata adalah penggunaan komputer untuk proyek pengembangan pesawat Boeing 777 yang menghemat waktu 1 tahun dengan menggunakan 10.000 PC.
  • Memperkuat ikatan dengan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan salah satu toko buku OnlineAmazon.com yang menciptakan sense of community dengan melibatkan wawancara dengan penulis, dan reviewer secara live dan memberitahu konsumen tentang buku-buku terbaru.
  • Mendorong arah strategik baru. Sebagai contoh adalah Microsoft dengan slogan “rangkul dan perluas”, telah mengakuisisi lebih 50 perusahaan yang yang berhubungan dengan internet dan meluncurkan situs-situs web seperti Expedia.
  • Menaikkan efisiensi pekerja. Teknologi bergerak seperti pager, telepon seluler dan komputer laptop bermodem memungkinkan karyawan dapat berhubungan dengan kantor selama mereka bepergian.
  • Menyetarakan arena permainan perusahaan bagi perusahaan kecil. Misalnya sistem pemrosesan pesanan yang dipersingkat telah menaikkan penjualan, menghemat biaya telpon dan menciptakan pertumbuhan tanpa perlu menambah karyawan.
  • Memperbaiki akses ke pasar global, dapat dilakukan dengan menggunakan situs web untuk menawarkan layanan 24 jam pada pasar global dan memperluas basis konsumen sampai ke pelosok daerah.






 
  

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates